Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Geometri Siswa Kelas 4 Di SD


Gratis PTK - Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika materi geometri kelas IV di SD Negeri 24 Kota Bengkulu.Untuk mengetahui Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matamatika materi geometri kelas IV di SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran matematika materi geometri kelas IV di SD Negeri 24 Kota Bengkulu. 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan  yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Subjek atau responden dari penelitian ini adalah 1 wali kelas IV, 1 guru kelas IV dan tiga orang siswa-siswi SD Negeri 24 Kota Bengkulu yang merukan sumber data utama. 

Kepala sekolah dan data-data berupa arsip atau dokumen sebagai sumber data sekundernya. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat minat belajar siswa yang merupakan dorongan dari dalam diri seseorang yang ingin merasakan hal-hal menyenangkan dan memiliki minat terhadap apa yang dipelajari lebih cepat mengingatnya dalam jangka panjang dan menggunakannya kembali sebagai sebuah dasar untuk pembelajaran di masa yang akan datang. 

Minat belajar peserta didik itu ada dua yakni minat yang timbul dari dalam diri muncul berdasarkan bakat/potensi yang dimiliki dan minat yang datang dari luar dirinya, muncul karena adanya pengaruh dari lingkungan di sekitarnya.

Peneliti : Ramdhoni, Ilham (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS 4 DI SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

--- Gratis PTK ---

close
Pesan PTK