Analisis Hasil Penilaian Proses Dan Hasil Belajar Untuk Mendiagnosis Kesulitan Belajar Kompetensi Menjahit Busana Pria


Gratis PTK - Penelitian bertujuan untuk mengetahui : 1) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembuatan busana pria pada tahap penilaian proses; 2) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembuatan busana pria pada tahap penilaian hasil.

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Klaten, yang beralamat di Jl. Merbabu No. 11 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian tata busana berjumlah 84 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase.

Kesulitan yang dialami siswa kelas XI program keahlian Tata Busana di dalam proses di SMK N 3 Klaten sebagai berikut; seberapa tinggi tingkat kesulitan yang dihadapi siswa dalam menjahit busana pria pada tahap penilaian proses yaitu 1) pada pembuatan pola celana sesuai dengan ukuran skor rerata yang diperoleh 2,2; 2) Memasang celana sisi bagian dalam dan luar skor yang diperoleh 2,3; 3) Menjahit dan teliti dalam memasang belahan golby dengan benar skor rerata yang diperoleh 2,34; 4) Teliti dalam pemberian tanda pola dengan skor rerata yang diperoleh 2,4; 5) Dapat Memotong dengan benar skor rerata yang diperoleh 2,46; karena nilai yang telah didapat masih kurang baik atau belum mencapai nilai dengan KKM.

Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa siswa dalam melakukan tahapan-tahapan persiapa, proses dan hasil belajar kompetensi menjahit busana pria masih banyak mengalami kesulitan. Seberapa tinggi tingkat kesulitan yang dihadapi siswa dalam menjahit busana pria pada tahap penilaian hasil yaitu yaitu siswa mengalami kesulitan belajar dalam pembuatan busana pria pada tahap penilaian hasil yaitu 1) Total Look skor rerata yang diperoleh 2,57; 2) Ukuran skor rerata yang diperoleh 2,71; 3) Kebersihan dan Kerapihan dengan skor rerata 2,8; Skor rerata yang diperoleh siswa secara keseluruhan adalah 66, 5 karena nilai yang telah didapat masih kurang baik atau belum mencapai nilai dengan KKM

Peneliti : DWI, APRIYANTI (2012) ANALISIS HASIL PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR UNTUK MENDIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR KOMPETENSI MENJAHIT BUSANA PRIA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

--- Gratis PTK ---

close
Pesan PTK