Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV SD


Gratis PTK - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kesulitan belajar dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri 1 Borang, 2) keterkaitan kesulitan belajar dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Borang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Keabsahan data mengguankan teknik triangulasi, dilanjut dengan analisis data menggunakan model Miles dan Hubermanyang meliputi, reduksi data, pemyajian data dan penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kesulitan belajar siswa pada aspek cara belajar yaitu, siswa belum bisa mengerjakan tugas secara mandiri dan siswa belum sepenuhnya percaya diri dalam mengerjakan tugasnya; aspek perhatian, terdapat siswa yang tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran menjadikan siswa kurang dengan mendengarkan penjelasan guru menjadi siswa ramai dan akan mengganggu teman yang lain. 

Aspek minat siswa dalam belajar yaitu siswa memiliki rasa kengingin tahuan terhadap pembelajaran yang disampikan oleh guru; aspek keaktifan, yaitu siswa melaksanakan kegiatan aktif tanya jawab dengan guru. 

Kepercayaan diri siswa memenuhi indikator kemampuan berkomunikasi, sikap tegas, penampilan diri, pengendalian perasaan, menghargai diri, pemahaman diri, memiliki prilaku yang bertujuan, dan berfikir positif. 2) Keterkaiatan kesulitan belajar dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran menulis puisi berimplikasi pada pemahaman siswa, hal ini ditunjukkan bahwa kurangnya pemahaman terhadap pembelajaran membuat siswa tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. 

Peneliti : NURFINA, ENDAH (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BORANG. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

--- Gratis PTK ---

close
Pesan PTK