PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI HIDAYATUN NAJAH TUBAN


Gratis PTK - Kurikulum Merdeka merupakan gagasan baru dalam dunia pendidikan. Kurikulum Merdeka dicetuskan sebagai upaya pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini dinilai lebih fleksibel dan lebih memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan siswa. Salah satu pendekatan dalam Kurikulum Merdeka yang mengakomodasi kebutuhan siswa adalah pembelajaran berdiferensi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka di MI Hidayatun Najah Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian diambil dari kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru kelas IV serta siswa kelas IV MI Hidayatun Tuban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. 

Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan proses pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di MI Hidayatun Najah yang diawali dengan asesmen diagnostik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan serta evaluasi dan refleksi dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi secara konsep belum sepenuhnya sesuai dengan Kurikulum Merdeka, namun pembelajaran yang telah dilakukan dapat menjadikan siswa lebih semangat dalam belajar.

Peneliti : Hulya, Mahinda (2023) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Hidayatun Najah Tuban. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang

--- Gratis PTK ---

close
Pesan PTK