IMPLEMENTASI DIFFERENTIATED INSTRUCTION PRODUK PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK SMP DI KABUPATEN GROBOGAN (STUDI KASUS)

Pesan PTK

Gratis PTK - Persepsi guru terhadap gaya belajar sensori sangat penting dalam penentuan produk yang dihasilkan siswa pada pembelajaran berdiferensiasi. Berdasarkan hasil studi awal, masih ditemukan permasalahan seputar pembelajaran berdiferensiasi. Salah satunya ditemukan ketidaksesuaian persepsi guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi dan implementasinya di kelas. 
 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi guru penggerak terhadap gaya belajar sensori siswa dan implementasinya dalam penentuan produk yang berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru penggerak mata pelajaran IPA di Kabupaten Grobogan berjumlah lima orang serta dokumen produk yang dihasilkan siswa. 

Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru penggerak terhadap gaya belajar sensori siswa relevan dengan implementasinya dalam penentuan produk yang berdiferensiasi. 

Hal ini menunjukkan bahwa persepsi guru sangat penting dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi khususnya diferensiasi produk. Untuk itu perlu diadakan pelatihan agar guru memiliki persepsi yang tepat sehingga implementasi pembelajaran berdiferensiasi dapat berjalan efektif. 

Peneliti : Helmi, Arif Mustofa and -, Prof. Dr. Endang Fauziati, M. Hum and -, Dr. Ahmad Muhibbin, M.Si (2023) Implementasi Differentiated Instruction Produk Pada Pembelajaran IPA Untuk SMP Di Kabupaten Grobogan (Studi Kasus). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

--- Gratis PTK ---

close