DAMPAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DIFERENSIASI TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS X SMAS BHAKTYARSA MAUMERE


Gratis PTK - Judul penelitian ini diambil berdasarkan fakta bahwa pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat membentuk karakter peserta didik. Hal ini perlu diketahui oleh pendidik dalam membentuk karakter peserta didik yang sesuai pengertian dan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis diferensiasi dalam pembentukan karakter peserta didik.

Persoalan yang diutarakan dalam tulisan ini adalah, bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis diferensiasi sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat membentuk karakter peserta didik. Menanggapi persoalan tersebut, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui penelitian lapangan. Dalam penelitian lapangan, penulis menggunakan observasi guna mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis diferensiasi di dalam kelas. Selain itu, penulis juga, menyebarkan angket kepada peserta didik dan melakukan wawancara kepada para pendidik guna mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis diferensiasi berdampak pada pembentukan karakter peserta didik.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, karakter peserta didik dapat diubah dan dibentuk sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila jika pendidik menerapkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dalam proses pembentukan karakter peserta didik, banyak tantangan yang dialami pendidik dalam proses pembentukan karakter, seperti karakter yang berbeda-beda, latar belakang budaya yang berbeda dan latar belakang keluarga yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, diharapkan kepada pendidik agar mengenal dan mengetahui profil peserta didik, kondisi awal peserta didik, minat, bakat dan kemampuan peserta didik. selain itu, diharapkan juga kerjasama dari ketiga komponen yaitu kurikulum, pendidik, dan peserta didik.

Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik. Dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat, peserta didik tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga berkarakter. Sebaliknya penerapan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan proses pembelajaran berjalan secara pasif dan tidak inovatif, sehingga kegiatan pembelajaran tidak mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yang berdampak pada karakter peserta didik. Selain itu, penerapan model pembelajaran yang kurang tepat juga menyebabkan peserta didik cenderung pasif dan tidak berkembang. Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis diferensiasi menjadi salah satu model pembelajaran yang tepat, karena model pembelajaran ini diterapkan berdasarkan kebutuhan peserta didik agar menghasilkan peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga peserta didik yang berkarakter. 

Peneliti : LAWA, Flaviana (2023) Dampak Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Diferensiasi Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas X SMAS Bhaktyarsa Maumere. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

--- Gratis PTK ---

close
Pesan PTK