PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI STATISTIKA DI SMP


Gratis PTK - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media perangkat pembelajaran dan media pembelajaran berupa modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi yang mencapai kriteria valid dan layak digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development) atau pengembangan dimana dalam prosedur penelitian menggunakan model Borg dan Gall, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba, revisi produk. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap revisi produk dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya.

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Jelai Hulu yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan materi angket respon siswa dan guru.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan rata-rata persentase sebesar 82,44% dari ahli materi dan 88,53% dari ahli media, respon guru dan siswa terhadap modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan rata-rata persentase 78,75%, sedangkan respon siswa sebesar 81,92%. Hasil perhitungan uji-t pretest dan posttest diperoleh t hitung> t tabel yaitu 8,7638 > 2,0518 maka didapat kesimpulan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah diterapkan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi statistika di SMP Negeri 2 Jelai Hulu.

Peneliti : TOLOK, ANGJELIANA NOGO (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 2 JELAI HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

--- Gratis PTK ---
close
Pesan PTK