ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Pesan PTK

Gratis PTK - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latarbelakang digunakannya model berdiferensiasi, implementasi dan minat siswa dalam model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Wadaslintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatitf dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian kepala sekolah, guru mata pelajaran, orang tua, dan siswa. 

Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan oleh peneliti kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Langkah yang dilakukan terdiri dari empat hal utama yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi sebagai sesuatu yang jalin menjalin pada saat sebelum, selama dan sesudah pengumpulan data. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang model pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 5 Wadaslintang adalah kesiapan belajar siswa, berdasarkan minat siswa, profil belajar siswa, serta lingkungan belajar. Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 5 Wadaslintang dilakukan dengan menerapkan delapan langkah pelaksanaan model pembelajaran berdiferensiasi, dan model pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan dengan baik. 

Proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan minat siswa yaitu membebaskan siswa dalam mengerjakan tugas, memilih cara belajar sesuai dengan profil gaya belajarnya, serta produk hasil pembelajaran yang mereka lakukan.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran berdiferensiasi menjadi daya tarik siswa karena menyajikan pembelajaran yang berbeda dan siswa diberi hak untuk memilih dan mengambil kesimpulan dari hasil belajarnya masing-masing.

Peneliti : WIDODO, FAHRUS (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Fenomenologi di SMP Negeri 5 Wadaslintang). S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

--- Gratis PTK ---

close