PENGARUH PENDEKATAN DIFERENSIASI DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS


Gratis PTK - Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pendekatan diferensiasi dalam Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan exploratory sequential design. 

Sampel penelitian ini yaitu 70 peserta didik kelas X di salah satu SMA Kota Cimahi Bandung yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 35 peserta didik di kelas eksperimen dan 35 peserta didik di kelas kontrol. Pada kelas eksperimen peserta didik menggunakan pendekatan diferensiasi dalam model Problem Based Learning (PBL) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model PBL tanpa pendekatan diferensiasi. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,77 dengan kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,39 dengan kategori sedang. Rata-rata N-Gain hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,81 dengan kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,42 dengan kategori sedang.

Hasil keduanya menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi momentum dan impuls pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran diferensiasi dalam model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi momentum dan impuls. 

Peneliti : Azmy Almas Dalila, - (2022) PENGARUH PENDEKATAN DIFERENSIASI DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

--- Gratis PTK ---

close
Pesan PTK