PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: PENELITIAN QUASI EKSPERIMENT DI SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA

Pesan PTK

Gratis PTK - Beragamnya karakter dan kemampuan peserta didik menjadikan setiap guru harus mampu berpikir kreatif dalam mendesain pembelajaran yang memperhatikan keragaman peserta didik. Hal ini dilakukan agar pembelajaran yang dihasilkan mampu memenuhi kebutuhan belajar setiap peserta didik sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.

Salah satu pembelajaran yang bisa memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yaitu dengan pembelajaran diferensiasi. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir historis dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuasi Eksperiment dengan desain kelompok non-ekuivalen (Pra-uji dan Pasca-uji). Adapun populasi dan sampel penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 10 Tasikmalaya, kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-9 sebagai kelas kontrol. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain kemampuan berpikir historis pada kelas eksperiment yaitu sebesar 0.65 dengan kategori sedang, dan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0.03 dengan kategori rendah, sedangkan nilai rata-rata N-gain motivasi belajar pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0.47 dengan kategori sedang dan rata-rata Ngain kelas kontrol yaitu sebesar 0.13 dengan kategori rendah. 

Berdasarkan hasil nilai tesebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir historis dan motivasi belajar siswa setelah dilakukan perlakukan dengan pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajran sejarah, artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir historis dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. 

Peneliti : Rifa Shania Ramdhani, - (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: Penelitian Quasi Eksperiment di SMA Negeri 10 Tasikmalaya. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

--- Gratis PTK ---

close