KORELASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 215 BENGKULU UTARA


Gratis PTK - Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada korelasi pembelajaran berdiferensiasi dengan keaktifan dan hasil belajar siswa di SD Negeri 215 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantitatif asosiatif dan data dikumpulkan dengan expost facto research. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa dengan jumlah sampel 40 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pembelajaran berdiferensiasi dan keaktifan belajar siswa adalah angket, serta dokumentasi digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas Lilliefors dan uji homogenitas dengan rumus varian.

Uji hipotesis dilakukan dengan rumus korelasi product moment serta mendapatkan kesimpulan bahwa pembelajaran berdiferensiasi (X) dengan keaktifan belajar siswa ( memiliki hubungan 0,461 dengan tingkat keeratan hubungan pada kategori yang sedang/ cukup. Melalui uji t diketahui, t hitung > t tabel dengan nilai 3,204 > 1,686, maka hipotesis alternatif diterima, berarti pembelajaran berdiferensiasi memiliki hubungan dengan keaktifan belajar siswa. Melalui nilai koefisien determinasi dinyatakan bahwa variabel X yaitu pembelajaran berdiferensiasi mempengaruhi variabel yaitu keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 21,3% sedangkan sisanya sebesar 78,7% dipengaruhi oleh faktor lain. 

Selanjutnya uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment, pembelajaran berdiferensiasi (X) dengan hasil belajar siswa memiliki hubungan 0,039 dengan tingkat keeratan hubungan pada katergori yang sangat lemah/ dianggap tidak ada. Melalui uji t diketahui t hitung < t tabel dengan nilai 0,2436 < 1,6860, maka hipotesis nol diterima, yang berarti pembelajaran berdiferensiasi tidak memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Dan melalui nilai koefisien determinasi dinyatakan bahwa variabel X yaitu pembelajaran berdiferensiasi mempengaruhi variabel yaitu hasil belajar siswa sebesar 0,1559% sedangkan sisanya sebesar 99,8440% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Peneliti : Pane, Mardiani (2023) Korelasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 215 Bengkulu Utara. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

--- Gratis PTK ---

close
Pesan PTK