ANALISIS PROBLEM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SDN SUMBERSARI 2 MALANG

Pesan PTK

Gratis PTK - Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memfasilitasi semua perbedaan yang dimiliki peserta didik secara terbuka dengan kebutuhankebutuhan yang akan dicapai oleh peserta didik. SDN Sumbersari 2 Malang menjadi sekolah yang telah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dengan memunculkan komponen konten, proses, produk, serta lingkungan belajar dalam
proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problem pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam memperoleh data adalah wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik kelas I, II, IV, dan V, observasi yang dilakukan di kelas I, II, IV dan V, dan dokumentasi. Dengan sumber data kepala sekolah, guru kelas I, II, IV, V, dan peserta didik kelas I, II, IV, V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di SDN Sumbersari 2 Malang sudah dilaksanakan dengan cukup baik dengan dilihat dari kesiapan sekolah seperti mendesain kurikulum, menyediakan fasilitas yang sangat menunjang, kemudian kesiapan guru dalam mengajar dikelas dengan membuat perangkat pembelajaran berdiferensiasi.

Namun, terdapat problem dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yaitu (1) sumber belajar yang harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik (2) guru beberapa dimateri yang harus disesuaikan dengan lingkungan belajarnya. (4) gaya belajar peserta didik yang berbeda. (5) bahan ajar yang terbatas. (6) dan bagaimana mencapai tujuan pembelajaran dengan kemampuan peserta didik yang beragam. 

Peneliti sadar bahwa penelitian ini belum sempurna, ada beberapa keterbatasan dan dapat menjadi faktor agar dapat diperhatikan oleh peneliti selanjutnya, yaitu keterbatasan waktu peneliti dalam melakukan observasi didalam kelas.

Peneliti : Diana, Nurul (2024) ANALISIS PROBLEM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SDN SUMBERSARI 2 MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

--- Gratis PTK ---

close